Anak Usia Dini adalah berada dalam masa keemasan (golden age) pada rentang usia perkembangan manusia. Dunia anak pra sekolah adalah dunia bermain, di TK Mursan Harun Nur Rasyid anak-anak belajar melalui pendekatan kelompok dan lingkungan dengan motto “Belajar sambil Bermain” dengan sasaran pencapaian fisik, agama, moral, koginitf, bahasa, sosial dan emosi. Guru berperan sebagai fasilitator dan mengarahkan anak dalam setiap kegiatan dengan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan berkarakter.
Kurikulum Taman Kanak-Kanak Mursan Harun Nur Rasyid disusun dengan mengusung budaya bangsa Indonesia yang beraneka ragam dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain: saling menghargai dan menghormati, kepemimpinan, jujur, kreativitas, kemandirian, kedisiplinandan berakhlak mulia. Penerapan nilai-nilai dilakukan melalui pembiasaan rutin yang diterapkan selama anak berada di satuan PAUD Taman Kanak-Kanak Mursan Harun Nur Rasyid
Dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan partisipatif Taman Kanak Kanak Mursan Harun Nur Rasyid menerapkan model pembelajaran klasikal atau kelompok dan lingkungan sekitar dengan motto “Belajar sambil Bermain” dengan sasaran pencapaian fisik, agama, moral, kognitif, bahasa, sosial dan emosi. Guru berperan sebagai fasilitator dan mengarahkan anak dalam setiap kegiatan dengan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan berkarakter. Selain itu pemberdayaan peran orang tua dalam proses pembelajaran sangat diperlukan.
A. PROGRAM SEMESTER
Program semester KB.TK Mursan Harun Nur Rasyid memuat unsur Kompetensi Dasar (KD), tema, sub tema, dan alokasi waktu. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan nilai agama dan moral (nam), motorik (motr), kognitif (kog), sosial-emosional (sosem), bahasa (bah), dan seni. Penulisan KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja. Tema dapat dikembangkan menjadi sub tema atau sampai sub-sub tema. Alokasi waktu disesuaikan dengan kebutuhan setiap tema/subtema/sub-sub tema. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/sub tema/sub-sub tema.
TEMA KEGIATAN BELAJAR
TEMA | |||
MINGGU KE | SEMESTER I | MINGGU KE | SEMESTER II |
1 | Aku | 11 | Kendaraan |
2 | Panca Indra | 12 | Pekerjaan |
3 | Keluargaku | 13 | Rekreasi |
4 | Rumah | 14 | Air & Udara |
5 | Sekolah | 15 | Api |
6 | Makanan & Minuman | 16 | Negaraku |
7 | Pakaian | 17 | Alat-alat Komunikasi |
8 | Kebersihan, Kesehatan, Keamanan | 18 | Gejala Alam |
9 | Binatang | 19 | Matahari,bulan, bintang & bumi. |
10 | Tanaman | 20 | Kehidupan kota, desa, pesisir, pegunungan. |
B. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
RPPM di TK Mursan Harun Nur Rasyid dikembangkan dari kegiatan semester,namun penyajiaannya lebih lengkap dan lebih operasional.
Perencanaan program mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
C. RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM HARIAN (RPPH)
RPPH di TK Mursan Harun Nur Rasyid disusun berdasarkan RPP Mingguan yang berisi kegiatan–kegiatan satu hari sesuai dengan tema dan sub tema. Penulisan RPPH disesuaikan dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan. RPPH memuat identitas lembaga, tema/sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (pembukaan, inti, penutup) indikator pencapaian perkembangan, media, dan sumber belajar.
NOTE :
Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar selama Learning From Home (LFH) Belajar Dirumah karena pandemi corona covid-19 (online) :
Senin | : | Pengambilan Lembar Kerja Anak di sekolah (drive thru) |
Selasa | : | Home Visit dirumah atau di Mushalla Mursan Harun Nur Rasyid dengan protokol kesehatan (offline) |
Rabu | : | Video Call (online) |
Kamis | : | Home Visit dirumah atau di Mushalla Mursan Harun Nur Rasyid dengan protokol kesehatan (offline) |
Jum'at | : | Pengembalian Lembar Kerja Anak di sekolah (drive thru) |
D. PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Penilaian perkembangan pada anak merupakan proses mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, terukur, berkelanjutan, menyeluruh tentang tumbuh kembang yang telah dicapai peserta didik selama kurun waktu tertentu. Penilaian mencakup seluruh lingkup perkembangan yang terkaitdengan Kompetensi Dasar (KD) yang terdiri dari empat ranah yakni: kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Penilaian dilakukan oleh guru dengan menggunakan pendekatan Otentik.
Teknik penilaian yang digunakan:
- Catatan hasil karya
- Catatan anekdotal
- Skala capaian perkembangan (rating scale)
- Observasi
- Unjuk kerja dan penugasan
Perencanaan
Penyususn program pembelajaran berdasarkan Program pendidikan TK mengacu kepada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2013 dipadukan dengan ajaran-ajaran agama sesuai dengan perkembangan anak.
a. Perencanaan Kegiatan Harian.
Perencanaan Kegiatan Harian atau Rencana Kegiatan Harian (RKH) yaitu rencana kegiatan untuk satu kali pertemuan yang mengandung unsur kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian. Dengan memperhatikan :
- Satuan Kegiatan Mingguan yang telah disusun
- Kompetensi/tingkat perkembangan anak yang akan dicapai
- Sesuai dengan Tema
- Penilaian terhadap perkembangan anak
b. Perencanaan Kegiatan Mingguan.
- Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) yang dibuat dengan memperhatikan :
- Program pembelajaran secara keseluruhan
- Kemampuan & minat anak
- Memiliki sub Tema dari Tema yang direncanakan